Penilaian Tengah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021

24 September 2020

Penilaian Tengah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021

 

Penilaian adalah salah satu syarat mutlak dalam pelaksanaan pendidikan. Penilaian ini bertujuan untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan. Terdapat berbagai metode yang dapat dilakukan dalam penilaian. Dalam satuan pendidikan tentu saja tidak asing dengan adanya serangkaian penilaian yang dilakukan secara formatif. Salah satu rangkaian penilaian yang ada di SMA Pangudi Luhur Jakarata adalah Penilaian Tengah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021.

Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021, dimulai Rabu, 24 September 2020 s/d Kamis, 30 Maret 2020. Peserta dalam penilaian ini adalah seluruh siswa Kelas X-XII. Dalam kondisi Pendemi Covid-19, pelaksanaan PTS, dilaksanakan secara online dan dengan model yang berbeda.Bentuk soal penilaian adala Uraian dan Esai. Beberapa mata pelajaran juga berkolaborasi. Beberapa mapel yang saling berkolaborasi, yaitu: Agama dengan Pkn, Matematika Wajib dengan Matematika Peminatan untuk Kelas XI dan XII, dan Sejarah Indonesia dengan Sejarah Peminatan untuk Kelas X. Selain itu, beberapa mapel tidak terjadwal karena PTS dilakukan dengan penugasan. Mapel yang bentuk penilaiannya penugasan adalah:

  1. Kelas X – XII : Seni, PJOK, PKWU, Ke-PL-an, Sastra Inggris, Native, Jurnalistik
  2. Kelas XII                    : Sosiologi
  3. Kelas X                       : Bahasa Indonesia

Kegiatan PTS Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 berjalan lancar meskipun ada beberapa kendala, namun bisa diatasi. Pada pelaksanaan PTS hari ke-2, mengalami kendala selama kurang lebih 30 menit google down. Berbagaia aplikasi yang disediakan google, seperti: Google Class (GC) dan Google Meet tidak dapat beroperasi. Langkah yang diambil untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah mencadangkan soal ke plat form Agenda Sekolah (AS). Atas kejadian ini Panitia PTS memutuskan untuk memperpanjang waktu pengerjaan selama 30 menit. Selain itu, saat tes berlangsung ada peserta yang tidak tenang dan menimbulakan situasi yang tidak kondusif. Oleh karena itu, peserta ditegaskan kembali terkait tata tertib PTS. Berita acara pelaksanaan PTS Kelas X, XI, dan XII Tahun Pelajaran 2020/2021.

Peserta Didik yang nilai PTS-nya belum memenuhi kriteria ketuntasan diberikan ujian perbaikan/remedial oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan dengan waktu yang ditentukan oleh Tim Kurikulum yaitu setelah penerimaan Rapor secara online. Hasil PTS diberikan kepada siswa dan orangtua pada hari Sabtu,10 Oktober  2020 dengan mekanisme yang ditentukan oleh sekolah, yaitu orang tua akan memperoleh laporan hasil belajar dari melalui WA yang diberikan langsung oleh Wali Kelas. Sebelumnya Wali Kelas juga mengadakan pertemuan secara virtual untuk menyampaikan informasi-informasi umum dari Sekolah.

Selanjutnya, wali kelas juga saling berkomunikasi terkait dengan hasil PTS siswa yang bersangkutan dan memberikan evaluasi terkait pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) yang dirancang oleh SMA Pangudi Luhur Jakarta dan juga dan juga menyampaikan masukan-masukan maupun kendala yang dialami anak dan orangtua.

Kembali

Tutup

Cari

Close