Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021

7 Desember 2020

Penilaian Akhir Semester Ganjil  Tahun Pelajaran 2020/2021

 

Kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) Tahun Pelajaran 2020/2021 dikemas berbeda dengan kegiatan penilaian sebelumnya. Pada Penilaian peserta didik diberi penugasan (proyek, produk, kinerja, dll). Penugasan ini sudah diberikan oleh guru pengampu pada saat proses pembelajaran dan batas waktu yang diberikan disesuaikan dengan tingkat kesulitan dari penugasan tersebut. Peserta didik juga diberi kesempatan untuk berkonsultasi dengan guru mata pelajaran yang bersangkutan.

Dalam pelaksanaan PAS Tahun Pelajaran 2020/2021 terdapat beberapa mapel yang penilaiannya dari portofolio pekerjaan siswa. Sebelum PAS dilaksanakan guru pengampu diminta untuk mengisi google form terkait dengan bentuk penilaian yang akan dilakukan dalam kegiatan PAS Tahun Pelajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil pendataan diperoleh hasil sebagai berikut:

Mata Pelajaran yang berkolaborasi:

  1. Kelas X    : Bahasa Indonesia berkolaborasi dengan PKn dan Agama, Sastra Inggris berkolaborasi dengan Seni Lukis
  2. Kelas XI  : Matematika Wajib berkolaborasi dengan Bahasa Indonesia, PKn berkolaborasi dengan Agama, Sejarah Wajib berkolaborasi dengan Sejarah Peminatan (Program IIS)
  3. Kelas XII : Pkn berkolaborasi dengan Agama, dan Sejarah Wajib berkolaborasi dengan Sejarah Peminatan (Program IIS).

Note: selain yang disebutkan diatas, berarti pelaksanaan PAS dilakukan secara mandiri

Mata pelajaran yang pelaksanaan PAS tidak terjadwal:

  1. Kelas X: Kepangudiluhuran, Jurnalistik, Agama, Pkn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Jurnalistik, Sejarah Wajib, TIK dan Native
  2. Kelas XI: Kepangudiluhuran, Jurnalistik, Sastra Inggris, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Jurnalistik, TIK dan Native
  3. Kelas XII: Kepangudiluhuran, Jurnalistik, Bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Jurnalistik, dan Native

Note: selain yang disebutkan diatas, berarti pelaksanaan PAS secara terjadwal

           

Pelaksanaan PAS Tahun Pelajaran 2020/2021 dirancang berbeda dengan PAS sebelumnya. Jika pada tahun tahun sebelumnya PAS dilakukan dengan cara siswa mengerjakan soal mata pelajaran sesuai dengan jadwal, namun pelaksanaan PAS ini siswa diberikan siswa diberi kesempatan untuk berkonsultasi dengan guru pengampu. Pengumpulan hasil pekerjaan siswa berdasarkan jadwal yang sudah dibuat (terlampir) dan kesepakatan antara guru pengampu dengan peserta didik.

Strategi-strategi yang dilakukan agar pelaksanaan PAS berjalan dengan lancar:

  1. Pendampingan dilakukan melalui google meet
  2. Wali Kelas menjadi garda terdepan untuk menyampaikan berbagi informasi terkait dengan pelaksanaan PAS
  3. Menggunakan platform Google Classroom suite for education
  4. Setiap hari dilakukan evaluasi PAS Ganjil

Berikut ini gambaran umum dari pelaksanaan PTS Ganjil Kelas X, XI dan XI SMA Pangudi Luhur Jakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. Setiap hari peserta didik mengikuti perwalian pada dimulai pukul 07.30 – 08.00, diawali dengan berdoa dan dilanjutkan penyampaian informasi-informasi terkait dengan pelaksanaan PAS (jadwal, link pendampingan, dst). Setelah itu peserta didik masuk ke google meet melalui link yang telah diberikan. Dalam pendampingan ini peserta didik diperbolehkan untuk berkonsultasi dengan guru pengampu terkait dengan pengerjaan penugasan yang diberikan. Bagi peserta didik yang tidak berkonsultasi tetap masuk meet untuk lapor diri pengumpulan penugasan.Peserta didik mengisi form sebagai tanda sudah mengumpulka penugasan yang diberikan. Selanjutnya pserta didik yang tidak berkonsultasi diperbolehkan untuk meninggalkan meet dan melajutkan mengerjakan aktivitas. Bagi siswa yang hendak berkonsultasi diberi kesempatan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Kembali

Tutup

Cari

Close