Pelaksanaan Bina Rohani Kelas XII

20 Maret 2021

Pelaksanaan Bina Rohani Kelas XII

“SIAP MENJADI BERKAT BAGI SESAMA”

          Pada hari Sabtu, 20 Maret 2021 merupakan kegiatan Bina Rohani sebagai refleksi yang diikuti oleh siswa-siswa SMA Pangudi Luhur Jakarta khususnya kelas XII yang sebentar lagi akan menghadapi ujian sekolah. Kegiatan Bina Rohani ini diadakan secara tatap maya dengan mengandalkan laptop atau smartphone melalui aplikasi zoom meeting karena tidak memungkinkan berjumpa secara langsung. Bukan hanya siswa kelas XII saja yang mengikuti kegiatan ini, namun bruder dan bapak/ibu guru juga turut serta hadir untuk mendampingi teman-teman dalam kelompok yang saling berbagi cerita hidup dengan harapan akan menemukan sesuatu yang menarik dari teman-teman kelompok. Kegiatan ini bukan hanya sekadar kegiatan rutin tetapi lebih untuk memperkuat karakter yang dimiliki sebagai mahkluk ciptaan Tuhan. Hidup adalah perutusan dari Tuhan untuk menjalankan kehendak-Nya yaitu menebarkan cinta kasih. Salah satu hal yang perlu dimurnikan adalah soal pilihan hidup. Apakah pilihan hidup kita sudah tepat, lalu bagaimana membuat pilihan hidup yang tak salah arah? Oleh karena itu, Romo Danang Bramasti, SJ hadir sebagai penuntun jalan siswa SMA Pangudi Luhur kearah yang lebih tepat. Romo Danang adalah alumni SMA Pangudi Luhur angkatan 88 yang kembali berbagi cerita bersama teman-teman kelas XII dalam pergumulan hidup.

          Acara mulai pada pukul 08.00 WIB yang diawali dengan sapa menyapa antara romo, bruder dan bapak/ibu guru dan teman-teman peserta bina rohani kemudian dibuka dengan doa oleh Steven Andrew dari kelas XII A. Selanjutnya sambutan kepala sekolah oleh Pak Mulyono sekaligus penyerahan peserta bina rohani kepada romo Danang untuk memberikan penguatan karakter kearah yang lebih baik agar selalu siap menjadi berkat bagi sesama. Kegiatan inti dipandu oleh pak Gigih sebagai moderator sebelum materi akan disampaikan romo. Acara selanjutnya diserahkan kepada romo untuk menyampaikan materi sebagai asupan rohani teman-teman kelas XII dan juga bapak/ibu guru. Setelah penyampaian materi dari romo, dilanjutkan sharing dalam kelompok kecil yang didampingi oleh bruder dan bapak/ibu guru kemudian perwakilan dari kelompok akan berbagi cerita hidup menarik ke dalam kelompok besar untuk mendapatkan pencerahan dari romo dan juga bapak/ibu guru. Tidak terasa waktu sudah menunjukan pukul 12.00 WIB yang menandakan acara akan segera berhenti sampai disini, acara akan ditutup oleh Ananta Aditia dari kelas XIIC sebagai ucapan syukur atas kelancaran kegiatan hari ini kemudian romo memberikan berkat sebagai hadiah perpisahan untuk bekal dalam hidup.

          Bina rohani secara virtual mungkin tak begitu efektif, tetapi melalui kegiatan ini teman-teman SMA Pangudi Luhur Jakarta semakin menemukan jati diri masing-masing. Romo Danang mengajak kita untuk mengenali asas dasar dan tujuan hidup yang senantiasa memuji dan memuliakan Tuhan lewat pikiran, tindakan, dan perkataan yang diucapkan seharai-hari. Romo membagikan kisah hidup menarik dari orang-orang yang dengan berani mengambil resiko dari sebuah keputusan. Pergumulan hidup akan semakin tampak, namun bagaimana menghadapi dunia yang semakin memengaruhi keputusan yang kita buat? Inilah tantangan yang harus dilewati terlebih anak muda milenial. Romo menyampaikan bahwa untuk mengenali kehendak Tuhan, kita perlu tahu benar pilihan yang kita buat sesuai dengan minat dan bakat yang kita miliki. Teman-teman kelas XII SMA Pangudi Luhur Jakarta diajak untuk tetap terlibat dan dengan berani membuat keputusan secara sadar yang tidak dipengaruhi oleh orang lain. Hidup adalah pilihan dan setiap pilihan pasti ada resikonya sendiri.

Kembali

Tutup

Cari

Close