ANALISIS SOSIAL VIRTUAL KELAS XI (2021/2022)

5 Oktober 2021

ANALISIS SOSIAL VIRTUAL KELAS XI (2021/2022)

Kegiatan pemberian materi Analisis Sosial dilaksanakan selama 3 hari (jam pembelajaran), diikuti seluruh peserta didik kelas XI dengan didampingi oleh wali kelas dan bapak/ibu guru SMA Pangudi Luhur. Analisis sosial ini adalah fundamental awal untuk membangun dan memahami budaya yang terjadi di SMA Pangudi Luhur Jakarta yang nantinya berproses hingga bulan Januari 2022. Namun, karena masih pandemi covid 19 maka kegiatan  ini dilaksanakan secara virtual dengan memanfaatkan aplikasi zoom meeting.

Kegiatan Analisis Sosial ini selalu diawali dengan perwalian bersama wali kelas dengan platform google meet seperti setiap harinya. Sesi ini digunakan wali kelas untuk mengenalkan gambaran kegiatan Analisis Sosial. Di akhir sesi ini, wali kelas bertanggung jawab untuk mengajak peserta didik agar segera bergabung dalam zoom supaya tepat waktu.

Agenda kegiatan Analisis Sosial hari pertama ini, peserta didik diajak untuk lebih mengenal kegiatan Analisis Sosial dengan moderator dan narasumber. Selama tiga hari ini kegiatan dimoderatori oleh Bapak Agustinus Gigih Setijo Nuswantoro dan Bapak Andrianto Kurniadi serta dipaparkan materi oleh Bapak Djoko Murdjono (konsultan Dynargie). Di akhir sesi hari ini, peserta didik dibagi dalam kelompok-kelompok yang bertugas untuk menghidupkan materi dengan aplikasi “Miro”.

Agenda kegiatan Analisis Sosial hari kedua ini, peseta didik di awal sesi harus mengikuti kegiatan yayasan dengan mengikuti misa bersama dalam rangka hari ulang tahun YPL. Setelah mengikuti misa, mereka diajak bergabung di zoom dan memulai kegiatan Analisis Sosial hari kedua. Kegiatan hari kedua ini, peran wali kelas adalah sebagai fasilitator dan “teman” bagi peserta didik sehingga diharapkan peserta didik menjadi lebih terbuka dalam menyampaikan gagasannya. Di pukul 13.00 WIB, peserta didik bertemu secara virtual dengan Bapak Djoko Murdjono untuk menganalisis kesimpulan dan peneguhan kembali.

Agenda kegiatan Analisis Sosial hari ketiga, peserta didik diajak untuk bergabung ke aplikasi Miro. Mereka diminta untuk menyempurnakan dan diminta untuk berbagi cerita kepada temannya. Di akhir sesi ini, narasumber memberikan tugas untuk mewawancarai adik kelas, kakak kelas, alumni, dan guru. Hal ini dilakukan agar peserta didik dapat membandingkan budaya lama dan budaya baru yang ada di SMA Pangudi Luhur Jakarta.

Panitia akan terus melaksanakan pendampingan hingga bulan Januari 2022. Agenda pendampingan yang dilaksanakan adalah setiap Selasa pukul 13.00 untuk menanyakan dan berbagi cerita mengenai progress dan kendala yang telah dilaksanakan kelompok saat melakukan wawancara. Hal ini upaya besar SMA Pangudi Luhur Jakarta untuk membangun budaya baru yang positif dan berani meninggalkan budaya lama yang tentu relevan dengan saat ini.

Kembali

Tutup

Cari

Close