Tentang SMA Pangudi Luhur 1 Brawijaya

Sekolah Pangudi Luhur Jakarta, yang merupakan sekolah khusus laki-laki, menyediakan sarana kegiatan pembelajaran yang dapat dikatakan lengkap. Laboratorium Kimia, Fisika, Biologi, Bahasa, Komputer dan IPS ada di sekolah Pangudi Luhur Jakarta. Dengan sarana yang lengkap diharapkan siswa yang bersekolah di SMA PL Jakarta dapat mengoptimalkan kompetensi yang dimilikinya.

Laboratorium bahasa yang baru saja direvitalisasi menjanjikan proses pembelajaran yang berbeda. Dengan bentuk yang portable, maka kegiatan pembelajaran bahasa inggris tidak hanya dilakukan di dalam kelas, tetapi bisa diluar kelas dengan memanfaatkan perlengkapan lab bahasa yang baik dan jaringan internet yang disediakan sekolah.

Demikain juga lab komputer yang baru saja di perbaharui hardwarenya, akan membuat kegiatan pembelajaran komputer menjadi lebih menarik, karena disediakan sarana baru yang memadai.

Demikian juga lab kimia, fisika dan biologi yang senantiasa diperbaharui perlengkapannya, akan membuat siswa betah dan menjadi lebih kreatif dalam kegiatan KBM.

Adapun lab baru yang dalam pengerjaan adalah lab IPS, dimana siswa dapat lebih optimal belajar dalam pembelajaran, geografi, sosilogi dan sejarah. Gedung baru yang dibangun dilingkungan SMA PL Jakarta, digunakan untuk melengkapi sarana kegiatan pembelajaran siswa SMA PL. Dalam gedung baru yang dibangun ini, pada lantai tiga terdapat lapangan olah raga yang berstandar nasional. Lapangan olah raga ini lantainya dilapisi marmoleum, yang berfungsi mengurangi cidera anak yang olah raga dan memberi rasa yang nyaman buat siswa.

Lapangan olah raga baru ini dapat digunakan untuk bulu tangkis 2 lapangan dan bola basket. Dengan standar nasional, lapangan olah raga SMA PL telah beberapa kali digunakan untuk pertandingan bola basket antar sekolah dan antar alumni. Beberapa lembaga bahkan pernah meminjam lapangan basket SMA PL untuk mengadakan pertandingan karena sudah memenuhi standar nasional.

Bahkan salah satu pemain basket NBA dari Golden State Warriors, Marreese Speights yang berkunjung ke Indonesia pada tahun 2015 meminjam lapangan basket SMA PL Jakarta untuk berlatih selama tiga hari. Hal ini menunjukkan bahwa lapangan basket yang dimiliki oleh SMA PL Jakarta diakui kualitasnya oleh pemain basket profesional.

Di gedung olah raga yang baru ini juga dilengkapi kamar mandi yang cukup memadai untuk membersihkan diri setelah selesai berolah raga.

Memasuki usia yang ke-50 tahun, SMA PL Jakarta terus memperbaiki diri agar semakin menarik minat siswa-siswa SMP yang berada di Jakarta dan sekitarnya. Sarana dan prasarana terus dilengkapi dan diperbaiki agar lingkungan sekolah menjadi semakin asri dan nyaman buat siswa-siswa yang belajar di SMA PL Jakarta. Salah satu hal yang baru yang ada di SMA PL Jakarta dan telah dimanfaatkan oleh siswa adalah Tap Water. Tap Water ini adalah sumbangan dari almuni SMA PL Jakarta, dalam rangka ulang tahun ke-50 SMA PL Jakarta. Dengan tap water siswa yang habis bekal minumnya bisa langsung minum tanpa rasa kuatir. Dengan mengadopsi konsep tap water yang ada di beberapa sekolah internasional dan juga sarana publik yang ada di Jakarta, SMA PL berusaha memberikan pelayanan yang lebih baik untuk siswa-siswanya saat mereka berkegiatan olah raga dan kegiatan yang menguras energi. Memang untuk tahun 2015 baru disediakan dua buah tap water, dan diharapkan untuk tahun mendatang akan ditambah lagi keberadaan tap water, sehingga siswa tidak perlu berebut untuk membeli minum, dan tidak perlu kuatir saat bekal minum habis, karena sekolah menyediakan secara gratis dan sehat.

Tutup

Cari

Close