SEMINAR ANTI BULLYING SMA PANGUDI LUHUR JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018-2019

26 April 2019

SEMINAR ANTI BULLYING SMA PANGUDI LUHUR JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018-2019

SEMINAR ANTI BULLYING SMA PANGUDI LUHUR JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018-2019

 

Seminar “Anti Bullying” SMA Pangudi Luhur Jakarta, Kamis 25 April 2019. Pukul 13.00-15.00. Narasumber atau pembicara dalam seminar adalah Br. DR. G. Bambang Nugroho FIC. Peserta seminar adalah siswa kelas X dan XI.

Acara diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Pak Tian setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Sekolah. Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian sekolah kepada siswa. Sosialisasi semacam ini diperuntukkan siswa dan orang tua, hal ini disebabkan oleh masih adanya tingkat Bullying yang tinggi di sekolah kita. Harapannya setelah seminar ini tidak ada bullying lagi sehingga tercipta suasana yang aman dan nyaman bagi seluruh warga SMA Pangudi Luhur Jakarta.

Setelah doa dan sambutan, masuk dalam pemaparan materi seminar. Bullying adalah perilaku agresif yang dilakukan berulang-ulang oleh seseorang/sekelompok siswa yang memiliki “kekuasaan” terhadap siswa/siswi lain yang lebih lemah, dengan tujuan menyakiti, menguasai orang tersebut. Kecenderungan masyarakat membully orang yang lebih lemah dan ini senioritas yang keliru. Senioritas yang benar adalah senior yang mengayomi yang lemah/adik kelas. Segala hal yang tidak manusiawi bertentangan dengan dunia pendidikan. Kekerasan dalam dunia pendidikan bisa terjadi dari guru, sesama siswa, keluarga (pola asuh, orangtua mengalami masalah psikologis, keluarga disfungsional), dari lingkungan. Siswa yang rentan dibully adalah siswa yang cenderung sulit bersosialisasi, siswa yang fisiknya berbeda dari anak lain, siswa yang cenderung berbeda dengan anak lain, siswa yang berkesulitan belajar, siswa yang dianggap lemah.

Selanjutnya adalah kegiatan diskusi oleh para peserta seminar. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian diberikan 3 bahan diskusi kemudian dipresentasikan. Diskusi kelompok dilakukan kurang lebih selama 15 menit. kemudian para sisiwa kembali duduk rapi ditempat semula.

Pertanyaan diskusi :

  1. Jelaskan mengapa masih terjadi adanya bullying dibeberapa lembaga pendidikan/sekolah?
  2. Dampak apa saja yang ditimbulkan adanya bullying di lembaga pendidikan/sekolah ?(bagi korban, sekolah, orangtua/keluarga dan pelaku)
  3. Apa saran/usul anda, untuk menghapus/menghilangkan perilaku bullying disekolah ?

Perwakilan dari presentasi kelompok:

  • Kelompok Yuda, Reynard, Simkhael (XI IPA)
  1. Bullying dapat terjadi karena merasa lebih senior, berpengalaman, dan kuat. Dalam sehari-harinya, bullying juga dapat dilakukan untuk mencari sensasi.
  2. Bagi korban   : frustasi, tidak percaya diri, merasa tidak nyaman

Bagi sekolah      : Merusak nama baik sekolah

Bagi orang tua   : Rasa malu, menjadi merepotkan

Bagi Pelaku       : Terkena, sanksi/ganjaran, dijauhi, dihantui rasa bersalah

  1. Memberikan sangsi yang berat, sosialisai menyadarkan Bullying sedari dini, komunikasi antar warga sekolah
  • Kelompok Nico, Jehtro, Ariq, Grego (X IPA)
  1. Ada rasa kesombongan, penunjukkan kekuasaan dan kekuatan
  2. Korban               : Trauma, depresi

Sekolah                  : Kurangnya akreditasi sekolah, pencemaran nama baik sekolah

Orang tua               : Merasa kecewa, merasa resah, merasa sedih

Pelaku                    : Berisiko terkena hukuman, merasa bersalah (jika sadar), rasa takut, depresi, pencemaran nama baik sekolah

  1. Saran-saran:
    1. Pengawasan yang maksimal di sekolah di lingkungan sekitar
    2. Dibuat sanksi yang lebih berat
    3. Membuka hubungan yang baik dengan korban
    4. Adanya pelayanan dari aparat dan lembaga

Kesimpulan dari Bruder Bambang, dampak dari bullying di sekolah yaitu korban menjadi takut sekolah, khawatir, dan bahkan sampai keluar dari sekolah. Usulnya adalah adanya  tindakan tegas dari sekolah, komunikasi siswa dengan sekolah, orangtua dengan sekolah, siswa sebagai (korban) dengan sekolah, mengingatkan sosialisasi yang terus menerus tentang bullying.

 

 

 

Kembali

Tutup

Cari

Close