Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil SMA Pangudi Luhur Jakarta T.A. 2020/2021

24 September 2020

Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil SMA Pangudi Luhur Jakarta T.A. 2020/2021

Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil

SMA Pangudi Luhur Jakarta Tahun Pelajaran 2020/2021

 

Penyebaran Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak Maret 2020 yang lalu, berdampak pada berbagai bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Berbagai lembaga pendidikan dituntut untuk melakukan berbagai inovasi agar kegiatan belajar-mengajar dapat berjalan dengan lancar dan tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Untuk melihat ketercapaian tujuan pembelajaran perlu dilakukan proses evaluasi atau penilaian.

Evaluasi atau penilaian merupakan sesuatu yang mutlak ada dalam dunia pendidikan. Tujuan dari evaluasi atau penilaian adalah untuk memperbaiki segala hal yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dalam mencapai tujuan akhir hasil proses pembelajaran. Hasil dari evaluasi yang dilaksanakan akan berguna bagi semua stakeholder yang berkepentingan dalam penyelenggaraan proses belajar-mengajar.

Evaluasi atau penilaian ini dilakukan secara bertahap, agar tidak membebani peserta didik. Evaluasi atau penilaian ini dilaksanakan dalam berbagai instrumen disesuaikan dengan tujuan. Evaluasi dalam dunia pendidikan mengarah pada ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Semua itu dilakukan untuk memperoleh informasi yang akurat tentang tingkat pemahaman siswa, efektivitas pembelajaran, dan sebagainya.

Teknik penilaian yang digunakan dalam Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil yang dilaksanakan mulai tanggal 24 September 2020 bervariasi, seperti: penugasan, proyek, tes tertulis, dan ters lisan. Platform yang digunakan dalam PTS Ganjil adalah Google suite for education dan Agenda Sekolah (AS). Pelaksanaan PTS Ganjil di SMA Pangudi Luhur Jakarta berjalan lancar. Semoga hasil dari PTS Ganjil dapat menjadi motivasi siswa untuk terus belajar dan pantang menyerah. Salam sehat dan tetap semangat.

 

Kembali

Tutup

Cari

Close