MPLS & MKS Tahun Ajaran 2020/2021

7 Juli 2020

MPLS & MKS Tahun Ajaran 2020/2021

MPLS/MKS MENJADIKAN SISWA SMA PL YANG SIAP UNTUK PRIBADI UNGGUL DAN PENUH KASIH

Dalam rangka memasuki tahun ajaran baru, diperlukan adanya regenerasi siswa untuk mengisi kekosongan siswa kelas XII yang telah lulus. Maka dari itu, diperlukan adanya penerimaan peserta didik baru. Kegiatan ini diberi nama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). MPLS merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik. Untuk menyambut kehadiran para siswa baru ini, diperlukan adanya pengenalan bagi mereka terhadap lingkungan yang baru di SMA Pangudi Luhur. MPLS dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya serta menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar yang efektif sebagai siswa baru.

Masa Konsolidasi Siswa (MKS) SMA Pangudi Luhur Jakarta merupakan suatu kegiatan awal sekolah sehubungan dengan siswa baru dan lama yang dilakukan tiap awal tahun ajaran baru, khususnya tahun pelajaran 2020-2021. MKS ini bertujuan antara lain untuk memperkenalkan eksistensi sekolah secara lebih lengkap dengan seluruh kegiatan di dalamnya, baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler; penanaman kedisplinan sejak awal masuk sekolah; dan menggalang persatuan, kekompakan, serta keakraban di antara para siswa, yang nantinya bisa tercipta suatu persaudaraan yang sejati.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan MPLS dan MKS antara lain meliputi :

  1. Visi dan misi SMA Pangudi Luhur Jakarta
  2. Pengenalan guru dan karyawan
  3. Panduan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) SMA Pangudi Luhur Jakarta
  4. Sarana dan Prasarana meliputi : perpustakaan, laboratorium fisika, laboratorium biologi, laboratorium kimia, laboratorium komputer dan laboratorium bahasa, kantin, WC, ruang guru dan tata usaha.
  5. Sosialisasi kegiatan kurikulum dan kesiswaan
  6. Kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler
  7. Tata pergaulan di SMA Pangudi Luhur Jakarta
  8. Memberi informasi kepada siswa mengenai sistem belajar yang menganut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan kurrikulum 2013
  9. Kegiatan literasi
  10. Seminar tentang cerdas bermedia sosial
  11. Misa syukur dan pertunjukkan bakat siswa

 

Penyampaian materi dilaksanakan dengan model daring dan juga live streaming chanel Youtube SMA Pangudi Luhur. Hal ini dilakukan mengingat masa pandemi covid-19 belum berakhir dan seluruh siswa masih melaksanakan kegiatan sekolah di rumah masing-masing sehingga panitia menyusun kegiatan yang juga bisa di akses dengan mudah oleh seluruh siswa. Hasil akhir kegiatan MPLS/MKS yang diharapkan, yaitu siswa dapat belajar dengan tenang sehingga mereka dapat mengukir prestasi dan meraih cita.

Kembali

Tutup

Cari

Close